Ketoprak Mataram MP3, Lahir Sajroning Kubur

poster-bdkMendiang Prabu Ranggajaya meninggalkan seorang putra dari permaisuri yang juga sudah meninggal yaitu Pangeran Jayengkusuma. Sementara itu, dari garwa ampeyan yaitu Dewi Asmarawati, mempunyai seorang putera bernama Jayengrasa. Belakangan Dewi Asmarawati mengangkat dirinya menjadi Permaisuri atas dukungan Patih Basunanda yang juga kakaknya sendiri dengan harapan agar puteranya bias diangkat menjadi raja.

Akan tetapi rencana itu tidak bisa berjalan mulus mengingat Jayengrasa sudah cukup dewasa dan mengetahui bahwa dirinya juga berhak berhak menjadi raja, karena dirinya juga putera laki-laki dari garwa prameswari. Oleh karena itu, Asmarawati membuat sayembara kepada siapapun yang berhasil mendapatkan “Keris Nagarunting Luksanga” berhak atas tahta kerajaan. Maka berangkatlah Jayengrasa dan Jayengkusuma keluar istana untuk mencari Keris Nagarunting Luksanga tersebut,

Keris Nagarunting Luksanga sebenarnya berada di Pertapaan Tegalwening dan Jayengrasa sudah sudah sampai ditempat itu, bahkan bertemu dengan Retnasih, anak sang pertapa pemilik keris sakti itu. Lebih dari itu, Jayengrasa juga menaruh hati kepada Retnasih. Namun karena sikap dan perilakuknya yang tidak baik, Ratnasih menolak cinta Jayengrasa dengan cara yang halus.

Singkat cerita Jayengkusuma juga berhasil masuk masuk ke pertapaan, bertemu sang pertapa dan mendapatkan Keris Nagarunting Luksanga serta mempersunting Retnasih. Akhirnya Jayengrasa berhasil menjadi Raja. Ketika menghadapi serangan dari Prabu Gajah Angun-angun, Retnasih harus ditinggal sendiri di Kerajaan. Inilah saat yang dtunggu oleh Asmarawati dan Jayengrasa yang merasa cintanya ditolak oleh Retnasih dan bahkan menikah dengan Jayengkusuma. Mereka menyiksa Retnasih yang tengah mengandung. Karena beratnya siksaan maka Retnasih meninggal. Jasadnya dikubur di sebuah pemakaman yang tak terpakai.

Apakah Retnasih benar-benar maninggal? Bagaimana nasib bayi yang dikandungnya? Silahkan mengikuti ceritanya dalam Lakon Ketoprak ngan Latar Belakang Kerajaan Jenggala yang dengan manis dibawakan oleh Keluarga Ketoprak Mataram Sapta Mandala Kodam VII Diponegoro. Dengan dukungan pemain:
– Patih Basunanda     : Rukiman
– P. Jayengkusama   : Widayat.
– Endang retnasih     : Marsidah
– P. Jayengrasa          : Marjiyo.
– Ratu Asmarawati   : Kadariyah.

Bagi yang berminat pada Lakon Ketoprak Mataram dengan Cerita Lahir Sajroning Kubur, dapat mengunduh file-filenya disini …………..

  1. Ketoprak Mataram, Lahir Sajroning Kubur 1
  2. Ketoprak Mataram, Lahir Sajroning Kubur 2
  3. Ketoprak Mataram, Lahir Sajroning Kubur 3
  4. Ketoprak Mataram, Lahir Sajroning Kubur 4 (tamat)
About these ads

About Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 4 Agustus 2009, in KETHOPRAK, KETHOPRAK MATARAM, Lahir Sajroning Kubur. Bookmark the permalink. 49 Komentar.

  1. Waaah, ini dia yang aku cari-cari dari dulu. Cerita ini salah satu yang membuat aku jadi penakut, utamanya sama pocong :D

    Makasih Kang, semoga segera hadir semua serinya.

  2. Om, sampeyan takut pocong, ta?
    Berarti waktu sunat dulu sampeyan gak berani liat, ya?
    Pocong itu kalo di mat-matke suwe suwe manis lho….
    Tenan lho om, saya di warahi ya. Wis ta, yen untuk waris dewae tak kasih link LSK seri 3 dan 4.

  3. Doooh, gemblung, lha kok malah dikongkon ngematake!

    *hapus bayang-bayang di otak*

  4. Kandhani, kok.
    Pocong itu mirip kalau liat sampeyan pas sunat. Apa medeni, ta? Wong itu malah banyak dicari, je?

  5. Ha ya mbuh, pas sunat kae aku ora ngoco je.

    Eh iki endi terusane?

    penasaran… penasaran… penasaran… penasaran… penasaran… penasaran… penasaran… penasaran… penasaran… penasaran…

  6. Akhirnya, muncul tulisan TAMMAT

    Makasih-makasih.

    Lek pas dolan nang Demak, monggo pinarak wonten deso Turirejo, tanglet namine Aryo Sanjaya.

    Lak gak ono sing kenal.

  7. saya pernah nonton siswo budoyo dengan lakon yang sama. tapi alur ceritanya sangat berbeda dengan versi sapta mandala . karena hampir 30 tahun yang lalu lengkapnya saya lupa , tapi ada 2 key point , pertama ceritanya berhubungan dengan laksamana ceng ho atau sam pho khong , yang kedua roll nya atau jagoannya namanya wali bali . bagi penggemar siswo budoyo kalau ada yang mau menanggapi saya berterima kasih , saya penasaran dengan ingatan saya . buat mbak galuh matur nuwun .

  8. Mas Wahyu
    Saya pernah menemukan kaset yang (tidak lengkap) yang judulnya Dumadining Kuil Sam Pho Khong. Konon, kuil SPK uang terletak di semarang itu memang ada kaitannnya dengan Laksamana Cheng Ho. Tap entahlah! Mangga kita sama-sama berburu refernsinya. Apapun yang penjenengan dapatkan, saya nyuwun, lho…..

  9. mas/mbak galuh usul nggih ketoprak ps bayu gito gati sleman di upload donk….mksih

  10. Mas krepa turi
    Atur uninga, bilih file ketoprak kula pikantuk saking “gresek” lan “berburu ing loakan”. Dados nyuwun duka kula dereng saged matur. Wosipun grup ketoprak punapa kemawon ingkang kula angsal tertamtu kula upload kagem para sutresna sedaya, kalebet gita gati.

  11. Saya pernah memainkan cerita ini di ketoprak “SISWO BUDOYO” desa Hulosobo, Kaligesing, Purworejo !

  12. Maksudku “Cipto Budoyo” bukan “Siswo Budoyo”

  13. Saya tunggu upload “Sampek Engtay” yg dimainkan Saptamandala juga. Matur Nuwun.

  14. Mas Joko
    Wah, hebat itu. Memang dari Purworejo banyak lahir pemain2 bagus. Hulosobo? Saya punya teman di Sekitar Pantai Ketawang dan kutorejo…
    Sampek Eng Tay jika kasetnya lengkap pasti akan saya upload juga

  15. Saya salut sama panjenengan, bahasanya enak, dan selalu melegakan. Matur nuwun Mas !

  16. Kabupaten Pati terkenal dengan banyak kesenian ketopraknya diantaranya Cahyo Mudho, Marsudi Rini, Manggolo dan masih ada yang lainnya, tolong kalau ada ketoprak Cahyo Mudho dari Bakaran Kulan Kec. Juwana (yang terkenal dengan dagelannya Penjol dan Kunthing jg pemainnya senior Kabul)mohon di kirimkan, matur nuwun

  17. Nggih, jika saya dapat filenya akan saya upload. Nkasih informasinya

  18. kang mas Galuh kok MP3 ketoprak mboten saged dipun download kados pundi caranipun matur nuwun, kulo nyuwun balesanipun mergi saben dinten kulo download mboten saged ngantos judug

  19. Mas yanto.
    Kula mboten ngertos kedah matur kados pundi. Cuma file yang ada disini semuanya bisa download, gratis tanpa tetek, tanpa bengek. Mangga googling dulu, disana banyak tutorial tentang cara download yang efektif……….. :)

  20. Mas Galuh yang baik hati,
    Kalo nggak salah dulu ketoprak Sapta Mandala pernah mengeluarkan rekamannya dengan lakon “Syech Siti Jenar”
    Barangkali kalo Mas Galuh kagungan. derek download.
    Matur nuwun.

  21. Inggih, mas.
    Saya akan upload apa saja yang saya ketemukan. Pada saatnya jika file itu ada past katur panjenengan

  22. Alhandulillah saya sangat terhibur mas Galuh, atas di muatnya cerita kethoprak mataram, hampir 30 th sudah gak setelah sy mrato ke Bandung, denger serita ini, sy sangat bersykur bisa download,,, sayang terusanya yang seri 3 dan 4 belum ada ya,, saya tuggu ya ,, kanggo tombo kangen,,,,
    matursuwun,,,,,,,

  23. Inggih, mas Terima kasih jawilannnya. SEgera saya betulkan linknya………

  24. 20 tahun yang lalu kadang setiap malam minggu radio gema surya (RGS) ponorogo kadang menyiarkan seri ketoprak ini. Dan seperti biasa setiap ada lakon ketoprak ini aku selalu ketakutan dikeloni mbah kung :p

  25. Lhs sekarang kalau takut siapa yang ngeloni? :)

  26. mas..saya dulu penggemar kethoprak, salah satunya ya lakon ini. Waktu saya ceritakan ke anak saya mereka penasaran pingin ikut dengar. Lha sakniki saya kok kesulitan download-nya. Musti memasukkan kata sandi. Lha sandine opo saya ga ngerti, Pripun mas ?
    Suwun

  27. Assalamu alaikum.
    Mas…. saya adalah salah satu pengelola radio budaya di jogja yang rutin menyiarkan ketoprak mataran. Ada bbrp judul bahkan banyak judul / lakon yang kami belum punya. Sementara kami kesulitan mencari di tempat lain. Maka dengan ini kami mohon ijin untuk ikut download yaa.
    Tapi aku ada masalah… Aku harus masukkan kata sanda.. lha sandinya apa. tolong dikirim sandinya ke email saya boldancraft@yahoo.com atau ke email radio saya yang tertera di kotak. Maturnuwun saestu. Mudah2an semakin tambah banyak jdl yag diupload dan semakin banyak pula penggemar kethoprak.
    Wassalamu ‘alaikum wr wb.

  28. Kula aturi ngendika, file apa saja yang dibutuhkan. nanti akan saya berikan passwordnya. Atu silahkan ke halaman cara download…….

  29. Oh ya… dengan pencarian yang tlaten, akhirnya ketemu juga passwordnya. Makasih banget. Semoga sukses dan ini merupakan kabar gembira bagi para pandemen kethoprak via radio saya. Nyicil ngaturaken sugeng riyadin fitri 1413 H, sedoyo lepat nyuwun pangapunten.

  30. MATUR SANGET NUWUN….. FILE SAMPUN SAGET KAWULA UNDUH KANTHI LANCAR LAN SAE….

  31. Inggih mas. Mangga, selamat bernostalgia

  32. Nyuwun sewu passwordnya nopo nggih?

  33. Nyuwun sewu password lahir sajroning kubur menopo nggih??? matur nuwun sanget sakderengipun…..

  34. Kok dereng di bales nggih? Menopo wonten persyaratan lainnya? Lahir sajroning kubur badhe kulo agem ndamel Operet Karang Taruna dateng desa kula…, Mhn dibantu passwordnya….Matur Nuwun

  35. Kulo nyuwun diupload lakon Sudiro, mulai awal ngantos akhir sutrisno. amargi ingkang paling panjang nggih lakon niku.

  36. Mangga, silahkan langsung download. Sekarang sudah tidak lagi pake password kok!

  37. Nyuwun pangapunten mas. Saya akan berusaha mengupload semua lakon yang ada. Sayang saya mengalami keterbatasan dalam mendaptkan materinya. Tapi akan tetap saya usahakan dari sedikit. Sementara saya sudah upload Sudira Papa dan Sutrisna Sapu. Mangga, silahkan!

  38. yuptt …ini yang kemarin saya cariii
    tapiii videonya mana …q pengen leadddd …walaupun saya tkt pocong …tapi tetep aee penasaran….cz saya tw iini darii mama ..n dikasiii sedikitt critanya …makamya aw cariii
    …..makaziiiiiihhhh…..

  39. emmm ….suatu crita yg menyerammkan …tapii saya tetep penasaran ttg ini sebelun sya melihat videonya …tlong ..
    ada ga ya??????
    …makaziii…

  40. Maaf, untuk versi videonya saya tidak memiliki.

  41. Matur Nuwun sanget, sampun saged kula download…,salut kagem pinisepuh-pinisepuh Blog Jaman Semana ingkang purun nguri-nguri kabudayan jawi ingkang adiluhung, monggo nek saged diterasaken upload judul2 Ketoprak Mataram Sapta Mandala Kodam VII Diponegoro ingkang saged kula arani The Legend of Javanesse Ketoprak,yang tidak akan termakan oleh Globalisasi…Nuwun…

  42. akhirnya aku menemukan teman yang sama-sama hobi ketoprak Bakaran, hehehe….. neg jdwal bulan niki kula gadhah pak/mas, pripund???meh ngopi pow???

  43. wah hobi kethoprak juga, ya???

  44. Aditiya Permana

    Matur Sembah Nuwun Blog Jaman Semana,sampun saged kulo dowload.
    Kulo enteni Ketoprak Mataram selajengipun nggieh…….Nuwun.

  45. kapurih uplod kethoprak ingkang wonten Gito Gati..
    matur sembah nuwunn…

  46. www.jossprotgr.com

    Ass nyuwun sewu mas jaman semono kulo derek ngunduh ketoprak kangge kulo giyaraken wonten radio streaming kulo nuwun.

  47. “Bersama tulisan ini saya mau tanya dan mau minta bantuan sedulur2 semua :

    1. Apakah Group Ketoprak Cipto Budoyo masih ada?
    2. Group Ketoprak ini sekarang ada di mana? dan siapa pimpinannya atau nama2 anggotanya?

    3. Kalau misalnya sudah bubar (mhn maaf ..) maka sekarang crew-nya atau anggotanya ada di mana tinggalnya ? sebagian misalnya.

    Dulu waktu saya kecil, usia anak SD sampai SMA, Bapak saya punya Tobong atau Gedung Kesenian Ketoprak, dulu masih terbuat dari bambu maka dari itu dinamai Tobong. Rutin setiap tahun ada kelompok kesenian Ketoprak yg mengisi Tobong Bapak saya ini, saat itu Lumayan Laku dan banyak Penggemarnya di daerah saya di Kec. Tarub kalijambe, Kab. Tegal. Salah satunya ya itu group Cipto Budoyo. Hubungan Keluarga saya dg para Anggota Cipto Budoyo ini serta dg Bosnya sudah sangat akrab dan seperti keluarga sendiri, dalam wakyu cukup lama. sampai kemudian group ini pindah ke Tempat lain dan tidak tahu lagi kemana rimbanya.

    Sekarang saya ingin mengetahui apakah group Ketoprak Cipto Budoyo yang dulu Nama pemiliknya adalah Pak Cipto atau “Klowor” masih ada dan ingin ketemu. pasalnya tadi malam saya Mimpi ketemu mereka. Aneh, dalam tidur saya semalam kok saya mimpi ketemu beberapa anggota Ketoprak ini. Rasanya sdh beberapa kali dalam Interval yang lama siihhh,….saya kadang mimpi ketemu mereka,…kangen mungkin,…

    Terima Kasih
    Sarifuddin

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: