Ki H Anom Suroto, Wahyu Purbalaras

PuntadewaBeberapa tokoh dengan loyalitas tinggi dan sakti mandraguna di pihak Pendawa yang kurang diketahui latar belakangnya adalah Patih Tambakganggeng (patih Negara Amarta), Patih Gagakbaka dan Patih Janget Kintelon (Patih Kasatriyan Jodipati).  Mereka adalah reperesentasi aparat yang memRaden Tambakganggengiliki komitmen tinggi terhadap Negara tanpa silau oleh publikasi.  Tetapi siapakah sebenarnya mereka? Lakon Wahyu Purbalaras merupakan jawaban atas pertanyaan itu.

Selain itu, pada awal Baratayudha diceritakan tentang kematian Bambang Irawan, Putera Raden Arjuna oleh Kalasrenggi.   Jika tidak melihat siapa itu Kalasrenggi, sungguh terasa sangat ironis dimana seorang ksatria sakti sekaliber Bambang Irawan harus mati sebelum Baratayudha oleh “seorang raksasa”.  Tetapi dengan mengikuti cerita Wahyu Purbalaras, maka keberadaan tokoh Kalasrenggi menjadi begitu “masuk akal”.

Cerita ini diawali dengan kondisi Negara Astina yang mengalRaden Gagakbakaami banyak masalah.  Mulai dari bencana alam, kerusuhan dan kelaparan.  Keadaan ini bisa diatasi apabila Prabu Duryudana berhasil mendapatkan Wahyu Purbalaras yang nunggal yoni dengan Dewi Kuntulsinanten, putri Raja Slagahima.  Itu artinya, Prabu Duryudana harus menikahi Sang Putri jika ingin memperoleh Wahyu Purbalaras.  Karena Duryudana tak ingin menikah lagi, maka Pandita Durna diharapkan bisa memwakili untuk menjadi wadah bagi turunnya Wahyu Purbalaras.  Maka disusunlah rencana lamaran Pendita Durna kepada Dewi Kuntulsinanten.

Dikerajaan Guwaselamangleng, Prabu Jathagimbal dan adik perempuannya Dewi JathaJanget Kinatelongini masing-masing sedangjatuh cinta.  Prabu Jathagimbal jatuh cinta kepada Dewi Wara Sumbadra sedangkan Dewi Jathagini jatuhcinta kepada Raden Arjuna.  Setelah diketahui bahwa Wara Sumbadra adalah isteri Arjuna maka tidak mungkin bagi mereka untuk membunuh salah satunya.  Akhirnya disepakati untuk terus terang meminta ijin baik kepada Raden Arjuna dan Wara Sumbadra.  Demikianlah, maka Dewi Jathagini berangkat ke Madukara untuk menemui Wara Sumbadra guna meminta agar Raden Arjuna bersedia memperisteri dirinya.  Diluar dugaan, ternyata Wara Sumbadra mengijinkan dan (bahkan) mendandani Jathagini agar mirip dengan Wara Sumbadra agar Arjuna bisa menerima cintanya.Prabu Jathagimbal

Sementara itu, dalam perjalanannya   Prabu Jathagimbal bertemu dengan Arjuna di tengah hutan.  Setelah pasukannya kalah dalam pertempuran dengan Arjuna, Prabu Jathagimbal menemui Arjuna dan menyampaikan maksudnya memperisteri Wara Sumbadra.  Arjuna mengijinkan dan merubah Jathagimbal menjadi mirip Raden Arjuna.  Maka berangkatlah Jathagimbal ke Madukara untuk menemui Wara Sumbadra.

Ditengah perjalanan dia bertemu dengan Jathagini yang sudah berubah wujud menjadi Wara Sumbadra.  Kemudia apa yang terjadi?  SDewi Jathaginiiapa yang nantinya mendapatkan Wahyu Purbalaras?  Siapa Kala Srenggi? Bagaimana peran Raden Tambak Ganggeng, Podhang Binorehan, Gagakbaka dan Janget Kinatelon?

Untuk mengetahui jawabnya kami persilahkan anda mengikuti Cerita Wahyu Purbalaras hingga tancep kayon yang telah berhasil dibawakan dengan sangat runtut olah Ki H Anom Suroto dengan Dukungan Karawitan Amardi Budaya Dadi Indah (ABDI) dengan swarawati Nyi Tantinah, Nyi Windarti dan Nyi Suparmi.

Anda bisa mengunduh file mp3 Wahyu Purbalaras tersebut, disini……………….

Klik disini, MUNGKIN ANDA ORANGNYA

(Terima kasih anda telah mampir di blog ini. Jika sudah berhasil download file kami, mohon tinggalkan komentar untuk perbaikan selanjutnya)

About these ads

Tentang Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 5 Agustus 2009, in KI H ANOM SOEROTO, Wahyu Purbalaras, WAYANG, WAYANG KULIT. Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. Matur nuwun,

    linknya utk download belum ada.

    Salam,
    Bas

  2. Ini yang punya blog memang meniru Bioskop 21, suka menampilkan kalimat:

    “Segera datang”

    “Coming soon”
    :D

  3. coming soon
    artinya di sun komeng (atau disun sampe koming)

  4. Mas Baskoro.
    Ngapunten ada ksealahan teknis. Tapi saya pastikan, segera dibetulkan

  5. aku cah pati ucapin tank’s banyak
    sejak kecil penggemar wayang kulit
    ayo sama-2 kita lestarikan budaya kita
    jangan sampai luntur karena budaya barat ok.
    trim’s

  6. Mas Damin.
    Makasih kunjungannnya.
    Maaf saya telah banyak posting tentang Syeh Jangkung (Saridin) cikal bakal daerah Pati. Hebat!

  7. mbak Gakuh kulo nyuwun CD nupun Ki anom Suroto kathi lampahan barothoyudho dalangipun sekawan antawisipun Ki Anom S, Bayu, Warseno Slenk Lan Ki Bagong
    matun suwun

  8. matursuwun mba galuh.. byuh.. iso nambani kangen saestu mba.. matur suwun koleksinya

  9. Mas Joko
    untuk versi Video, kula mboten gadhah. Tapi untuk versi audio saya punya. Kalau ngersakke, saya upload.

  10. Mas Agam
    Sami-sami. Kula namung sak dremi nglantaraken!!!

  11. wahyu purbolaras dereng komplit nggih mbak?

  12. Lho, kok? Inggih mas coba saya cek dulu. Silahkan pinarak lagi lain waktu………………

  13. KAGEM MBAK GALUK
    sugeng pitengan,kulo sampun ngunduh lakon wahyu purbo laras puniko dek jamn teng wayang prabu,nanging saksampunipun kulo teliti kok dereng jangkep,trus kulo padosi teng blog niki kadose dereng jangkep.
    nuwun

  14. Kelik Nepen, Teras

    Link download Wahyu Purbalaras file 6, 7 dan 8 kok blm aktif mas Guntur… tlng diaktifin donk… suwun….

  15. maturnuwun rako mas kulo sampun download wahyupurbolaras1 ngantos 4

  16. Menawi saged kulo nyuwun Lakon Aji Narantoko Dlg Anom Mas Guntur Salam Kenal Saking Lare Dusun Dika.

  17. MATURNUWUN SANGET KULO SAMPUN DOWNLOAD ANAMUNG KADOS KADOS DERENG KOMPLIT NGGIH

  18. nuwun sewu kulo namung ajeng jangkepi lakon w.purbolaras 6..7…8…monggo mangpadosi piyambak wonten web index-mp3 kaliyan web bursalagu…sami lakonipun..sami dalangipun…

  19. Kulo penggemar wayang kulit nopomalih Dalange Pak Anom.S nikmat lan nasehat baik dr bpp / Wng.

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: