MP3 Kethoprak Serial Syeh Jangkung, Keris Jangkung

  • Ketoprak MP3
  • Judul Keris Jangkung
  • Sumbangan : Mas Iwan AK

 

Beberapa hari lalu, salah seorang rekan yang kemudian hari saya kenal sebagai Mas Iwan AK, mengabarkan kepada saya bahwa dirinya memiliki 1 lakon ketoprak yang merupakan serial Syeh Jangkung, yang berjudul Keris Jangkung.  Mengingat file itu masih berupa pita kaset, maka Mas Iwan AK meminta waktu kepada saya untuk mengconvert dalam bentuk digital guna diposting di blog ini dengan harapan bisa dinikmati lebih banyak rekan.

Benar saja, beberapa hari kemudian ada pesan di Fb bahwa beberapa file sudah selesai di convert dan meminta kepada saya untuk mencoba.  Setelah saya download, ternyata kualitas suaranya bagus, bahkan lebih bagus dari hasil convert saya di Syeh Jangkung yang lain.

Seperti Ken Arok pada Mpu Gandring, saya tidak sranta untuk segera berbagi kepada anda, kendati proses convert belum selesai.  Maka setelah mendapatkan ijin dari Mas Iwan, cerita tersebut saya posting, sambil menunggu convert dan proses upload file yang belum selesai. Selamat Menikmati

KERIS JANGKUNG

Oleh : Iwan AK

Di daerah pati ada sebuah nama yg cukup terkenal Ondo Rante namanya dia merasa terganggu dg adanya org yg bersiar agama dan akhirnya membuat keonaran di daerah tsb akan tetapi Adipati Pati Mangun Oneng mendengar warta itu dan di utuslah Ulama yg bernama kyai Makdum Alatas tapi msh blm bisa dikalahkan malahan kyai Makdum Alatas sampai wafat, dan Syeh Jangkung merasa batinnya ga eanak berangkatlah ke Mataram menemui Sultan Mataram mendengar cerita tsb syeh jangkung tergugah dan diutuslah beliau oleh Sultan Mataram tapi dgn syarat harus dgn wanita cantik untuk memikat Putri dari Sumbo Pradan yg bernama Guranti dan berangkatlah untuk menemui Ondo Rante sambil menawarkan Tuak setelah diminumnya Tuak tsb menjadi tak sadarkan diri dan ketahuan kelemahannya yg akhirnya Ondo Rate dibawa kekadipaten dan diikat diatas ondo/tangga dgn rantai emas yg ditarik dgan Gajah dan akhirnya terbelahlah tubuh Ondo Rante menjadi 2 dan tdk boleh disatukan pemakamannya yg akhirnya dimakamkan bersebarangan dgn kali/sungai di Kali ngranten Desa Prenggan .

Dilain cerita setelang sepulangnya dari kadipaten syeh jangkung pulang untuk menemui putranya Momok akan tetapi tdk ketemu ternya Momok pergi dari rumah untuk mencari pekerjaan di desa Pesanggrahan dirumah Bopo Dupo Somo menjadi tukang angon kebo dan anak Ki Dupo Somo Sutarsih suka dg Momok dan terjadi pertikaian dgn Lodang murid Ki Dupo Somo karena dia jd seneng dgn Sutarsih akan tetapi yg jd korban Kebonya yg diangon Momok karena Momok bersalah Dia dihajar Ki Dupo Somo dan disitulah bertemu jg dgn Syeh Jangkung dan adu kesaktian antara Ki Dupo Somo dgn Syeh Jangkung dan mengaku kalah Ki Dupo Somo dan mengajak berbesan dari situ Momok diajak pulang keKayen dgn membawa kerbau yg diberi oleh Ki Dupo Somo. Hari berikutnya kerbau Wungkul digembala Momok sampai ke desa Trangkil dan memakan padi org dan tejadi pertikaian dgn yg pny sawah Ki Ketip Trangkil (Utra Sunan Kudus) dgn kesaktiannya kerbau yg tadinya hidup menjadi mati dan dihidupkan lagi oleh Syeh Jangkung dan terjadi perkelahian antara Ki Ketip Trangkil dgn Syeh Jangkung bahwasannya dgn mudah mendapat gelar Syeh padahal Ki Ketip Trangkil sdh bertahun2 mengajar agama Islam belum bias mendapat gelar tsb sampai Syeh Jangkung mau dikubur didlm sumur yg sekarang menjadi Desa Sumur Bandung yg akhirnya Ki Ketip Trangkil dibuang kekudus dgn iketnya Syeh Jangkung sekali kibas .

File lengkap  (16 File) Audio Ketoprak dengan Format MP3 dengan Cerita Keris Jangkun dapat anda download disini.

  1. Keris Jangkung 01
  2. Keris Jangkung 02
  3. Keris Jangkung 03
  4. Keris Jangkung 04
  5. Keris Jangkung 05
  6. Keris Jangkung 06
  7. Keris Jangkung 07
  8. Keris Jangkung 08
  9. Keris Jangkung 09
  10. Keris Jangkung 10
  11. Keris Jangkung 11
  12. Keris Jangkung 12
  13. Keris Jangkung 13
  14. Keris Jangkung 14

Admin: Mewakili rekan-rekan pecinta ketoprak, saya mengucapkan terima ksih kepada Mas Iwan AK atas semua dedikasinya dalam nguri-uri Budaya Jawa, khususnya Ketoprak.  Ditunggu cerita-cerita yang lain.

 

 

Hapus Riwayat Obrolan
22:11Iwan

sugeng ndalu mas

22:11Mas

sugeng dalu, om. ngapunten akses saya agak lelet. jd mngkin repplynya agak terlambat

22:13Iwan

sama donk

22:15Iwan

gimana apa ada kekurangan/kesalahan dlm penguploadtan saya karena yg email panjenengan saya ga begitu jelas kok ada tulisa blanknya di alamatnya

22:16Mas

wo, itu berarti akibat akses yang lemot. Ketika saya kirim gagal, kiriman kedua tidak membaca apapun. Ngapunten. Yang pasti itu sudah betul. Cuma saya menerimanya baru yang file ke 2

22:21Iwan

berarti yg 1apa ga bisa diterima y,terus 3-6 apa harus lwt email juga mas ? bisa ga panjenengan buka lwt 4saherd yg punya saya

22:22Mas

bisa, selama anda memberikan email dan passwoerdnya :):) Percaya deh, saya gak akan menyalah gunakan jika diberi kepercayaaan.

22:27Iwan

boleh saya kasih email n passwordnya Alamat Emailnya “dani.kusuma74@gmail.com” Passwordnya “mr.black” saya tiap mlm kirim trs kok meskipun 1 file krn makan waktu 1 jam

22:29Iwan

tapi kalau saya buka n njenengan buka kalau double apa bisa mas ? tapi kalau saya pagi sampai sore Off kok g Online

22:30Mas

lha iya to mas…. sampai kapan kita bisa ngakses internet cepat, dengan harga murah. teman saya yang pernah kerja di korea, katanya disana upload mencapa 300kbps. Artinya keris jangkung cuma butuh waktu 30 detik. Nah?!

buka bareng? buka2an. kita coba aja…

Iwan tak lagi daring. Hal berikut tidak terkirim:

mpun, sya sudah berhasil buka. Sekarang tolong anda buat sinopsisnya biar saya bia posting di blog (kalau boleh, lho….

22:33Iwan

udah bisa kebaca alamat n passwordnya y mas,boleh ini saya jg lagi upload yg ke 7

22:34Mas

sampun, saya sudah mulai download file 1

22:39Iwan

Berarti dgn sampul yg sama dan isi yg saya buka disini ada 6 file y mas apa betul

22:40Mas

betul…….. saya jug sedang buka. tp mungkin jika bersamaan, saya gak bisa download. karena muncul pesan bahwa alamat tidak diketahui….

22:42Iwan

maksudte pripun mas alamat sing nggene kulo punopo pripun nopo wonten engkang kelentu mas

22:44Mas

Iwan tak lagi daring. Hal berikut tidak terkirim:

bukan begitu. dengan anda membuka akses di 4 shared, dianggap baru ada editing. sehingga komputer jaringan saya tidak mengenal alamat ip anda. Itu, mungkin lho………. soalnya kemaren yang jangkung 2 saya bisa download, kok.

22:47Iwan

menawi seri Saridin/Syeh Jangkung engkang kulo suwun kolo winginane punopo gadah mas panjenengan

22:48Mas

yang mana? syeh jangkung tani?

22:49Iwan

Saridin Lahir, Sultan agung Tani, kalian Tumekane lulang landoh

22:50Mas

saridin lahir dan lulang kebo landoh, belum ada. Tapi saya pastikan ada. sedangsultan agung tani, akan saya link untuk anda dari mas kenang agus. tunggu

22:52Iwan

Siap mas

22:53Mas

mangga http://nangagus.wordpress.com/2009/11/09/saridin-sultan-agung-tani/

22:54Iwan

niku wau terus pripun mas engkang Alamat tdk ditemukan

22:56Mas

ya kita tunggu saja komputer saya bisa mengidentifikasi alamat IP anda. Nanti kalau anda sudah log out, harusnya bisa. Oh, ya boleh saya posting di blog? kalau boleh saya minta pengantar / sinopsisnya. Udah ketemu Sultan agung tani?

23:00Iwan

Untuk ringkasan ceritanya belum selesai mas tinggal yg Raden Danang itu saya tulis di microsoft Word gmn mas

23:03Mas

Saat ini tidak dapat terhubung ke Obrolan Facebook.

Ya biasa, browse lalu cari lokasi penyimpanan file wordnya, terus upload. Dalam 4 detik selesai untuk file2 ofice. Oh ya, untuk memudahkan manajemen file, harusnya dibuat folder2 dalam 4shared anda.

23:03Iwan

kalau panjenengan kerso inggih kulo kirim tapi yg raden danang belum nek mboten ngrepotke panjenengan njenengan edit kemawon

23:03Mas

Ya biasa, browse lalu cari lokasi penyimpanan file wordnya, terus upload. Dalam 4 detik selesai untuk file2 ofice. Oh ya, untuk memudahkan manajemen file, harusnya dibuat folder2 dalam 4shared anda.

23:06Mas

Arahkan mouse ke kiri atas (yang dibawah Folder-folder), lalu klik kanan my 4shared, pilih buat folder baru (create new folder), beri nama KERIS JANGKUNG, lalu OK.

23:09Mas

centang kotak dibawah kolom pilih (option), semua file yang akan masuk folder Keris Jangkung, lalu pilih cut (potong). Buka folder KERIS JANGKUNG, lalu paste disitu…. Coba dulu, saja!!!

centang kotak dibawah kolom pilih (option), semua file yang akan masuk folder Keris Jangkung, lalu pilih cut (potong). Buka folder KERIS JANGKUNG, lalu paste disitu…. Coba dulu, saja!!!

23:09Iwan

ini posisi masih upload mas nopo saget masalnya kemaren saya coba terus uploadnya hilang n ngulangi lagi

23:10Mas

nggih, mboten saged. biar saja uploadnya selesai. Copy saja riwayat obrolan ini di word, barangkali nanti dibutuhkan :):) dan siapa tahu akses kita tiba2 putus….

23:11Iwan

masih 21 Menit

23:12Mas

sultan agung tani sudah ketemu?

23:15Iwan

sampun mas

matur suwuntambah koleksi maleh

23:15Mas

Oh ya, anda dimana?

23:16Iwan sedang offline.
23:16Iwan sedang online.
23:16Iwan

saya posisi sekarang di KUDUS rumahnya mas

23:17Mas

Memang berdomisili di kudus, apa mampir dolan. Saya ada banyak rekan di kudus…

23:19Iwan

leres, monggo kemawon menawi dumugi kds badhe mampir tapi panggenan kawulo awon mas

23:20Iwan

kalau mau lihat data saya di FB kan ada di Info

sekarang panjenengan wonten pundi

23:22Mas

Nggih, tolong jika keblusk di Jl. KH Syatori. Ada teman dsaya bernama Nur Zuhruf tapi tepatnya lupa (mungkin dia di Catatan Sipil Kabupaten Kudus). Sampaikan salam saya…..

23:23Iwan sedang offline.
23:24Iwan sedang online.
23:24Iwan

Jl. KH Syatori itu daerah mana mas

23:25Mas

Wah lupa saya. Ke Radio Kartini saja. Saya yakin banyak yang kenal karena dia termasuk cikal-bakal pendiri raio itu….

23:28Iwan

lha panjenengan sekarang domisilinya dimana mas

23:29Mas

saya di sragen. dia dulu satu sekolahan dengan saya ketika di semarang. Ada beberpa lagi, tapi saya sudah lupa namanya…. wong tuwwa itu gampang lali….

23:30Iwan

he…he..he emangnya sampun yusawo pinten

23:32Iwan

tinggal 2 menit mas uploadnya

23:32Mas

jangan tanya, saya sudah buanyaaaak banget. Kalau ketemu Nur Zuhruf, saya pastikan bahwa dia sangat mengenal saya sebagaimana dia mengenal telapk tangannnya:)

23:34Iwan sedang offline.
23:34Iwan sedang online.
23:38Iwan

sampun rampung uploadnya n sudah saya bikinkan filder juga

23:39Mas

Nah. Jos gandos kalau gitu. Kalau sudah lengkap biar saya download, kliatannya ada yang gak beres dengan setting proxy saya. akan saya betulken dulu

23:39Iwan

O nggih kulo supe wau mas kulo nggih kirim ringkasanne lewat pesen di FB

sumonggo

23:41Mas

nggih. jadi boleh di posting di blog?

23:41Iwan

monggo mas

kulo tinggal sendiko dawoh kemawon

23:42Mas

nggih kalau gitu, tapi sudah lengkap 7 file itu?

23:44Iwan

nggih dereng mas itu aja baru separo masi ada 7 file lagi

23:50Iwan

apa nunggu lengkap lengkapnya apa yg ada dulu mas

0

email

Antara Iwan Ak dan Anda
Pesan sebelumnya
Iwan Ak 13 Desember jam 12:36
sugeng siang mas pripun nopo sampun leres sing kulo kirim lwt Email wau ndalu
Mas Guntur 13 Desember jam 16:24
sudah dan saya reply di email. matur nuwun
Iwan Ak 13 Desember jam 21:26
sudah apanya mas, saya buka kok ga ada komentarnya apa sudah bisa seperti panjenengan harapkan ? sampai saat ini saya kirim 5 mauyg ke 6 ini kalau ada yg salah mohon diilingke nggih
Mas Guntur 13 Desember jam 22:29
Mangga, silahkan dilengkapi. saya sudah balas email panjenengan http://mail.google.com/mail/?hl=id&shva=1#sent/1257d50d45083a42
Iwan Ak 14 Desember jam 23:28
RINGKASAN CERITA
Di daerah pati ada sebuah nama yg cukup terkenal Ondo Rante namanya dia merasa terganggu dg adanya org yg bersiar agama dan akhirnya membuat keonaran di daerah tsb akan tetapi Adipati Pati Mangun Oneng mendengar warta itu dan di utuslah Ulama yg bernama kyai Makdum Alatas tapi msh blm bisa dikalahkan malahan kyai Makdum Alatas sampai wafat, dan Syeh Jangkung merasa batinnya ga eanak berangkatlah ke Mataram menemui Sultan Mataram mendengar cerita tsb syeh jangkung tergugah dan diutuslah beliau oleh Sultan Mataram tapi dgn syarat harus dgn wanita cantik untuk memikat Putri dari Sumbo Pradan yg bernama Guranti dan berangkatlah untuk menemui Ondo Rante sambil menawarkan Tuak setelah diminumnya Tuak tsb menjadi tak sadarkan diri dan ketahuan kelemahannya yg akhirnya Ondo Rate dibawa kekadipaten dan diikat diatas ondo/tangga dgn rantai emas yg ditarik dgan Gajah dan akhirnya terbelahlah tubuh Ondo Rante menjadi 2 dan tdk boleh disatukan pemakamannya yg akhirnya dimakamkan bersebarangan dgn kali/sungai di Kali ngranten Desa Prenggan .
Dilain cerita setelang sepulangnya dari kadipaten syeh jangkung pulang untuk menemui putranya Momok akan tetapi tdk ketemu ternya Momok pergi dari rumah untuk mencari pekerjaan di desa Pesanggrahan dirumah Bopo Dupo Somo menjadi tukang angon kebo dan anak Ki Dupo Somo Sutarsih suka dg Momok dan terjadi pertikaian dgn Lodang murid Ki Dupo Somo karena dia jd seneng dgn Sutarsih akan tetapi yg jd korban Kebonya yg diangon Momok karena Momok bersalah Dia dihajar Ki Dupo Somo dan disitulah bertemu jg dgn Syeh Jangkung dan adu kesaktian antara Ki Dupo Somo dgn Syeh Jangkung dan mengaku kalah Ki Dupo Somo dan mengajak berbesan dari situ Momok diajak pulang keKayen dgn membawa kerbau yg diberi oleh Ki Dupo Somo. Hari berikutnya kerbau Wungkul digembala Momok sampai ke desa Trangkil dan memakan padi org dan tejadi pertikaian dgn yg pny sawah Ki Ketip Trangkil (Utra Sunan Kudus) dgn kesaktiannya kerbau yg tadinya hidup menjadi mati dan dihidupkan lagi oleh Syeh Jangkung dan terjadi perkelahian antara Ki Ketip Trangkil dgn Syeh Jangkung bahwasannya dgn mudah mendapat gelar Syeh padahal Ki Ketip Trangkil sdh bertahun2 mengajar agama Islam belum bias mendapat gelar tsb sampai Syeh Jangkung mau dikubur didlm sumur yg sekarang menjadi Desa Sumur Bandung yg akhirnya Ki Ketip Trangkil dibuang kekudus dgn iketnya Syeh Jangkung sekali kibas .
About these ads

About Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 15 Desember 2009, in Keris Jangkung, KETHOPRAK, KETHOPRAK PATI, SERIAL SYEH JANGKUNG. Bookmark the permalink. 40 Komentar.

  1. maturnuwun sakderengipun. kethoprakipun ingkang no 8 – 16 bade dipun upload kapan niki?

  2. Mas tato
    mohon maaf sya tidak secepat yang anda inginkan, karena Mas Iwan AK (enymbang lakon ini) masih proses convert, belum lagi akses dan bandwidh yang terbatas dan banyaknya kegiatan lain yang lebih penting. Sekali lagi, maaf

  3. Sak meniko sampun saget dipun upload serial Keris Jangkung kagem pamiarso sedanten 1-14 sumonggo maturnuwun

  4. mas engkang leres menika 1-14 mboten 1-16 file

  5. matur nuwun sampun sak meniko sampun komplit anggenipun kula ngunduh.

  6. Wuih file-nya manteb sudarsono he he he gede ukurane …
    nuwun niki .. dados saget sinau sejarah …

  7. yang file ke 10: Link file yang Anda minta tidak berlaku.

  8. Lakene nopo pak mantep……………..

  9. wis dibenerke…………….

  10. Mas Galuh nopo sampun wonten malih serial Saridin engkang enggal ? kulo tak nderek upload

  11. Lha, sedulur lanang njedul lagi. Lama nggak nongol kemana saja. Yang-yangan terus, nggih.
    Saridin Sultan agung Tani sudah priksa link langsungnya, ta? Sementara itu dulu sedanguntuk Lulang kebo Landoh dan Saridin Lahir belum upload, karena angin besar kemaren ngrusak antene grid saya, jadi sementara saya harus ke warnet. Priksa sendiri kan bagaimana akses rata2 warnet kita? Sabar………..

  12. He…he..he malah panjenengan sing sak wentawis dangu mboten ketingal Untuk sultan Agung sampun kulo upload mas

  13. Siap kemawon kulo tenggo mas

  14. Nggih, kitatunggu saua sampa akses unternet lancar dan saya gak perlu ke warnet. Soalnya upload file gedhe itu kalau gak disambi momong rasane nglanguuuuut. :)

  15. leres mas, manawi Yuyu rumpung wonten mas

  16. Malah kula pasrah kaliyan sing nom-nom kados panjenengan punika. Mangga kita sami-sami “berburu” dateng loakan ingkang kinten2 taksih ngopeni kaset2 pita kados ingkang panjenengan kersaaken.

  17. matur suwun gih mas galuh kulo remen sanget kalih lelakonipun saridin, sakniki sampun komplit asale kulo ngunduh,……………..

  18. mas nuwun sewu punapo leres hari2 kemaren sampai hari ini 4shared rada susuah buaat ungguh file nggih ? saya kok kesulitan terus kalau mau upload ke situ

  19. Lho, masak sih mas?
    Saya punya pengamalan buruk tentang 4 shared http://apdnsemarang.wordpress.com/2009/09/13/hack-di-4shared/. Moga-moga mboten tertjadi lagi!

  20. mbak ketoprak keris jangkung no 10-14 mboten saged di download pripun cpt ditangani geh…….?????

  21. Nggih, segera jika akses internetnya sudah lancar…..

  22. mbak tolong saridin lahir dan mantu di uploud y mbk biar bs tak download soalnya q pan thu crita leluhur saya didesa landhoh,oh y mbk sy ingin memberitahu untuk skdar referensi bhwa slh stu stasiun radio di kudus pernah nyetel ktprak dgn judul diatas sp thu mbk bs cr dsna kalo kesulitan nyari ketoprakya tp kalo udh punya y Alhamdulilah…….thanks b4 mbk………..Smgt2….hehehehe

  23. Wah….. lha saya saja nyarinya harus gresek ke loakan je mas….. itupun di solo dan jogja. Kebeneran jika anda dekat dengan radio itu. barangkali bisa minta file terus dsharing dan kita nikmati bareng2

  24. matur nuwun mas iwan. mas galuh…….

  25. NUWUN SEWU, NDEREK NGUNDUH KETOPRAKIPUN
    BETAH WEKDAL 1 JAM KANGGE NGUNDHUH 1 FILE, PUNAPA LERES NGUNDUH LEWAT 4SHARED PUNIKA SUSAH SANGET??
    SAKDERENGIPUN MATURNUWUN SANGET…

  26. sedaya gum,antang perangkat lan bandwidh internet panjenengan

  27. Kados punopo bingahing manah , menawi carios R Kamandoko , Pr. Angling Dharmo , Manggoloyudo Sudiro enggal kawujudaken , maturnuwun.

  28. mas, nyuwun ijin bade donload saridin…rencang2 sami seneng…lestarikan budaya kita maju terussss mas

  29. Maturnuwun…maturnuwun ingkang tanpa pepindan

  30. NDEREK NUMPANG NGUDUH MAS IWAN K…SERIALS ONDO RANTE ORGINAL SRI KENCONO DERENG WONTEN MAS,KULO TENGGO UPLOAD IPUN….SAKING KULO UTUSAN BOJONEGORO

  31. nderek penyuwunan rencang ten inggil kulo, ondorante lek gadah seng versi rekaman mbok njeh dipun upload amargi versi live kirang jelas. matur nambah nuwun sak derenge salam saking kalimantan

  32. matur sembah nuwun mas….

  33. MATUR SUWUN MAS FILE NO 15,16 KAPAN DI UPPLOAD

  34. gimana cara dpwnloadnya,di cari2 gak ada tulisan DOWNLOD

  35. gak bisa caranya download so gak ada tulisan download /unduh
    tolong sebenarnya gimana downloadnya
    penjelasan ditunggu secepatnya

  36. cuma mau cerita,kenapa setip file yang saya unduh kok leterangannya” kesalahan kesalahan mengmbil file” apa Maksudnya

  37. R,Alwin tirta kusuma

    rekamanipun wonten ingkang cacat.

  1. Ping-balik: Serial Syeh Jangkung (Saridin): ANDHARANTE « Sluman Slumun Slamet

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: