Seri Syeh Jangkung, Sultan Agung Tani

Serial Syeh Jangkung kali ini adalah hasil link saya ke Blg’e NangAgus. Mas Kenang Agus, satu dari sedikit pendidik kita yang concern di bidang IT.  Dialah yang memberikan ijin kepada saya untuk membuat link ke Serial Syeh Jangkung, Sultan Agung Tani setelah beberapa waktu saya kesulitan mendapatkan kasetnya.

Masih ingat serial Syeh Jangkung Ontran-ontran Cirebon? Ketika itu diceritakan Saridin menikahi Rohayati, Putri Sultan Cirebon.  Dari pernikahan itu, lahir anak laki-laki yang diberinama : Kasan Haji.  Akan tetapi,  sejauh ini Ibu dan Kakeknya masih merahasiakan tentang siapa sebenarnya ayah Kasan Haji. Ketika menjelang dewasa, keinginan Kasan Haji untuk bertemu dengan ayahnya tak terbendung lagi.  Maka atas ijin Sultan Cirebon berangkatlah Kasan Haji bersana Rohayati, ibunya untuk mencari Saridin (Syeh Jangkung) ke Miyono, Pati.

Di Alas Roban, Windu Legkoro, Raja jin di wilayah itu, merasa sangat kecewa ketika mendapat laporan anak buahnya saat di perintahkan untuk membuat kekacauan di Mataram.  Retno Jinoli putri Mataram yang menjadi target untuk diganggu oleh anak buah Windu Lengkara mendapat perlindungan oleh seorang sakti yang bernama Saridin (Syeh Jangkung).  Windu Lengkara merasa sangat penasaran atas kesaktian Saridin yang telah berhasil mengalahkan anak buahnya.  Itulah sebabnya, dengan menyamar sebagai manusia, dia bermaksud ke Miyono, untuk menjajal kesaktian Saridin.

Ditengah perjalanan, Windu Lengkara bertemu dengan Kasan Haji dan rombongannnya.  Ketika memandang Rohayati muncul hasrat Windu untuk memperisteri isteri Saridin itu. Tentu saja Rohayati menolak dan dengan sekuat tenaga Kasan Haji berusaha melindungi ibunya.

Jika anda telah mengikuti serial Syeh Jangkung, Bedahing Ngerom pasti anda sudah tahu apa, siapa dan bagaimana Retno Jinoli itu.  Akan tetapi pertanyaannnya adalah bagaimana upaya Rohayati untk mengantar aKasan Haji menemui Saridin? Mampukan Kasan Haji melindungi Ibunya dari upaya jahat Windu Lengkara?  Kenapa serial Syeh Jangkung kali ini berjudul Sultan Agung Tani?  Untuk menjawab pertanyaan itu, kami persilahkan anda untuk mengikuti Serial ini sampai tuntas.

File ini saya peroleh dari Mas Kenang Agus, seorang pendidik dari Purwodadi yang disela kesibukannnya mempersiapn Ujian Nasional, masih sempat ngopeni blog Blog’e NangAgus.Olah karena itu, pada kesempatan ini saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Mas Kenang Agus ats segala upayanya dalam nguri-uri budaya jawa (khususnya Kethoprak).

Masih ada 2 lakon lagi dari keseluruhan sekuel Syeh Jangkung ini yang belum saya posting, yaitu Lulang Kebo Landoh dan Saridin Lahir.  Untuk Lulang Kebo Landoh sudah saya siapkan dan akan saya posting tidak lama lagi.  Sedangkan untk Saridin Lahir, sejauh ini saya belum menemukan kasetnya.

Untuk serial ini, masih dari Kethoprak Sri Kencana, Pati, dengan dukungan pemain yang tak berbeda dari seri-seri sebelumnya.

Download Ketoprak Serial Syeh Jangkung, Sultan Agung Tani

  1. Saridin Sultan Agung Tani 1a
  2. Saridin Sultan Agung Tani 1b
  3. Saridin Sultan Agung Tani 2a
  4. Saridin Sultan Agung Tani 2b
  5. Saridin Sultan Agung Tani 3a
  6. Saridin Sultan Agung Tani 3b
  7. Saridin Sultan Agung Tani 4a
  8. Saridin Sultan Agung Tani 4b

Admin: Mewakili rekan-rekan sutresna budaya, saya mengucakan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya Kepada Mas NangAgus atas dedikasinya dalam nguri-uri budaya jawa.  Ditunggu untuk cerita-cerita yang lain.

About these ads

About Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 23 Desember 2009, in KETHOPRAK, KETHOPRAK PATI, SERIAL SYEH JANGKUNG, Sultan Agung Tani and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 20 Komentar.

  1. Janipun kawula sanget angantu-antu ringgit tiyangipun mas….

  2. Janipun kawula sanget angantu-antu ringgit tiyangipun mas…

  3. Mas Nurhadi N Mbak / mas Natalisya:
    dados kawigatosan kula. Mangke enggal kula aturaken.

  4. nderek mireng ake kawulo,suwon…

  5. mangga, silahkan………..

  6. Assalamu alaikum wr wb. Nuwun sewu Mbak Galuh sarto rencang2 sedoyo kulo bade download carios kethoprak malih njih…..anamung tumut anguri-nguri budayan bongso kito….sinten malih menawi mboten kito piyambak ingkang anguri-nguri budayan kito to,…..piyantun saking njawi negari kemawon tumut pasinaon budayan kito ….kulo lingsem kalih piyantun njawi negari …..hehehehehehehhehehe matur nuwun atas palilahipun sepindah malih matur nuwun…..sarto sugeng makaryo Assalamu alaikum Wr. Wb.

  7. Silahkan mas……..

  8. SMOGA JADI TAMBAH IMAN KITA SEMUA,DARI CERITA PERJALANAN SPIRITUAL TAUHID SYEH JANGKUNG

  9. matur suwon mas,suantenipun sae tur nyampleng tenan

  10. Ora iso di dlwd py iki

  11. dicobe lagi! saya sudah chek gak ada masalah kok

  12. Joko wicaksono

    Kulo ngaturaken agungeng panuwun. ewo dene kulo kepareng download kethoprak Syeh jangkung ngantos tamat. suwun

  13. wah saya suka sekali saridin… bahkan tmanku dr gorontalo apal critane saridin andum waris
    matur nuwun sanget pak

  14. matur suwun untuk koleksi

  15. Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that it’s truly informative. I’m going to
    watch out for brussels. I’ll be grateful if you continue this in future. Numerous people will be benefited from your writing. Cheers!

  16. pak,,, matursuwun nggeh,, salam saking tiyang KUDUS,, tonggo caket kalihan makan syekh Jangkung…. :)

  17. Sulatan agung tani ceritane kox ngacak maz?

  1. Ping-balik: Serial Syeh Jangkung (Saridin): ANDHARANTE « Sluman Slumun Slamet

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: