MP3 Kethoprak Mataram, Lambangsari Edan

Latar belakang cerita ini adalah Kerajaan Kediri di bawah kekuasaan Prabu Lembu Amisena.  Ketika itu, Putri Prabu Lembu Amisena yang bernama Rara Kuning dipinang oleh Raja Tunjung Angin-angin.  Padahal sang Putri sudah menjalin hubungan dengan Panji Carangwaspa sehingga apabila pinangan itu ditolak akan menimbulkan kemaranhan Raja Tunjung Angin-angin yang terkenal sakti mandraguna.  Hal ini akan sangat membahayakan keselamatan Keraton Kediri.

Guna menghindari pertumpahan darah demi menjaga keamanan Keraton Kediri, Prabu Lembu Amisena mengadakan sayembara kepada siapapun yang bisa mempersembahkan “Sekar Pudhak Kencana” berhak mempersunting Retna Kuning.

Raja Tunjung Angin-angin menyadari bahwa keputusan sang prabu ini semata adalah upaya penolakan secara halus.  Oleh karena itu, raja Tunjung Angin-angin tetap menyerang Kediri dan memaksa mempersunting Retna Kuning.  Sudah bisa disuga, dalam pertempuran ini Kediri mengalami kekalahan.

Pada saat genting itulah datang Jaka Sembara dari pertapaan Argasari yang dengan kesaktiannya bisa mengalahkan Raja Tunjung Angin-angin.  Bahkan, Sembara juga mempunyai Sekar Pudhak Kencana.   Sabda pendhita ratu, ucapan seorang raja tidak boleh berubah ubah, maka jadilah Jaka Sembara menantu Prabu Lembu Amisena.  Tak syak lagi, bintang Jaka Sembara cemerlang didepan mata.  Yang tak bisa dihindari adalah sebuah kenyataan bahwa Jaka Sembara sebenarnya  sudah memiliki seorang isteri yang ditinggal di pertapaan Argasari, yaitu Lambangsari.

Tak berapa lama setelah pernikahan Jaka Sembara dengan Retna Kuning, Prabu Inu Kertapati, Raja Kediri bersama dengan Permaisurinya, Dewi Sekartaji datang menghadap guna mengantarkan Pangeran Carangwaspa yang juga berniat mempersunting Retna Kuning dengan membawa persyaratan yang diajukan oleh Prabu Lembu Amisena, yaitu Sekar Pudhak Kencana.

Kegagalan mempersunting retna Kuning menjadikan Pangeran Carangwaspa kecewa.  Dia pulang dengan membawa kemarahan karena gagal mempersunting rara Kuning.

Apa tindakan Pangeran Carangwaspa selanjutnya? Akankan Jaka Sembara menjadi putera Mahkota Keraton Kediri? Bagaimana nasib Lambangsari?  Semua pertanyaan anda akan terjawab setelah tuntas mendengarkan MP3 Kethoprak Mataram dalam cerita Lambangsari Edan yang dapat anda download berikut ibi.

Sedikit catatan.  Meskipun hal ini tak seharusnya terjadi, tetapi karena kebebalan saya dalam hal recording audio, terasa jelas bahwa file 1 over volume.  Tapi sudahlah! Mempersalahkan orang yang memang tidak mampu justru akan menyakiti diri anda sendiri………..

Link Download MP3 Kethoprak Mataram, Lambangsari Edan

  1. Lambangsari Edan_1
  2. Lambangsari Edan_2
  3. Lambangsari Edan_3
  4. Lambangsari Edan_4
About these ads

Tentang Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 29 September 2010, in KETHOPRAK, KETHOPRAK MATARAM, Lambangsari Edan. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. nyuwun ijin ngundhuh mas, matu sembah nuwun

  2. bade nyuwun ketoprak puniko

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: