Ki H. Anom Suroto, Antasena Rabi

Antasena, anak Werkudara dengan Dewi Urangayu adalah sosok yang boleh dikatakan kontrovesial.  Pembawaannya yang ugal-ugalan semakin mengaskan peran kontroversialnya.  Konon, karena kesaktiannya Antasena tak diijinkan untuk ikut Perang Baratayudha, sehingga Prabu Kresna dengan berbagai kebijaksanaanya  terpaksa “mematikan” Antasena, agar tak terlalu banyak berperan dalam perang besar ini.

Ada “dua sejoli” putera Pandhawa yang memiliki watak dan ikatan batin yang digambarkan sedemikian erat.  Yaitu,  Gatutkaca dengan Abimanyu, Antareja dengan Bambang Irawan dan Antasena dengan Wisanggeni.  Hampir dalam setiap cerita, mereka selalu bersama.  Tetapi tidak pada Antasena Rabi.

Adalah Dewi Manuwati, puteri Arjuna hasil perkawinannya dengan Dewi Manuhara yang jadi focus cerita ini.  Ia menjadi rebutan banyak ksatria.  Tak kurang dari Raden Samba putra Raja Dwarawati, Raden Wisatha  putra Raja Mandura, Lesmana Mandrakumara putra raja Hastinapura, Purwaganti putra Pandhita Kendhalisada dan Antasena putra Raden Werkudara.

Karena harus bertindak adil, maka dibuatlah sayembara kepada para pelamar untuk bertarung secara ksatria.  Siapa diantara para pelamar yang paling sakti, dialah yang akan menjadi suami Dewi Manwati.  Akan tetapi cara ini tidak bisa berlangsung dengan fair, karena Antasena tak mau melawan sementara kastria yang lain tak mampu mengalahkan Antasena, kendati antasena sama sekali tak memberikan perlawanan.  Dia merasa tidak pantas, memperebutkan wanita dengan darah.

Lalu, bagaimanakan Arjuna menyelesaikan masalah ini?

Simak cerita Antasena Rabi berikut ini.

  1. Antasena Rabi 1
  2. Antasena Rabi 2
  3. Antasena Rabi 3
  4. Antasena Rabi 4
  5. Antasena Rabi 5
  6. Antasena Rabi 6
  7. Antasena Rabi 7 (tamat)
About these ads

Tentang Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 15 Oktober 2010, in Antasena Rabi, KI H ANOM SOEROTO, WAYANG, WAYANG KULIT. Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. MasPatikrajaDewaku

    Selamat atas pindahan rumahnya. Semoga tetap sentosa dalam menaungi budaya Jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya.

  2. saya masih bimbang , versi ki nartosabdho , antasena ya antareja . jadi putra bima hanya dua , gatutkaca dan antareja … ya antasena . tapi seni memang bukan benar dan salah . karek donlod we kok … matur nuwun .

  3. Inggih mas. Terima kasih, sudah berkenan mampir

  4. Nyuwun pangapunten amargi remen dumatheng ringgit purwo, kulo nyuwun saged dipun paringi password kagem download ringgit Antasena Rabi

    Matur Suwun

  5. butuh password

  6. antasenarabikarodewimanuwatianakejanaka

  7. matur sembah nuwun sanget lho kakangmas…dene kula sampun saged download Mp3 Mp3nipun ringgit purwa kaliyan kethoprak mataram…kula sepisan malih matur sembah nuwun inggih kakangmas………….

  8. mas nderek ngunduh nggih. supados budaya jawa semakin banyak yang mendengar dan tetap lestari, matur suwun

  9. Poro sederek sedoyo engkang betahaken bibit gaharu utawi ngersakaen karomah asma suryani , niki nomoripun , sms rumiyen ke mawon ( 08816030321 )

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: