KI H Anom Soeroto – Parta Dewa

Prabu Duryudana berada di puncak kegembiraannya, karena telah berhasil merebut Amarta bersamaan dengan hilangnya Pandhawa.  Keberhasilan Prabu Duryudana ini tak lepas dari bantuan Prabu Suryanggana, Raja Muda dari Keraton Ngawuawu Langit yang memiliki keaktian luar biasa.

Tindakan Suryanggana membantu Prabu Duryudana adalah sebagai bentuk”pisungsung” kepada gurunya yang ia hormati, Pandhita Durna.  Selain itu harapan untuk bisa menikah dengan Lesmanawati, putri Prabu Duryudana menambah semangatnya untuk berpihak pada kepentingan Kurawa.

Sayangnya, kegembiraan Prabu Duryudana tak berlangsung lama karena Jayadrata yang ditugasi untuk menjaga Keraton Amarta dikalahkan oleh seorang Ksatria Sakti bernama Bambang Parta Dewa didukung oleh putra-putra Pandhawa yang dipimpin oleh Pancawala.

Para putra pandhawa itu telah menyerahkan kewenangan mengelola Amarta kepada  Bambang Partadewa, sekaligus mengangkatnya sebagai guru dan penasihat spiritual.  Tak kurang dari Raden Setyaki, Raden Setyaka dari Dwarawati juga berguru kepada Partadewa.  Kondisi ini sebenarnya justeru membuat posisi Amarta semakin kuat.  Sayangnya, Pendhawa dan Sri Kresna tak muncul juga.  Sejatinya, Bambang Partadewa tak hendak menguasai Amarta tetapi sekadar menjaga keutuhan negara amarta yang ditinggal murca oleh para Pandhawa.

Kendati merupakan lakon carangan, Parta Dewa merupakan cerita yang cukup menarik untuk diikuti.  Cerita ini menggambarkan kealpaan seorang ksatria yang telah berhasil melaksanakan tugas.  Arjuna yang telah berhasil mengalahkan Prabu Newata Kawaca, diberikan hadiah bidadari dan menjadi raja di kahyangan bergelar Prabu kiritin.

Inilah pemicu terjadinya lakon ini.  Pendhawa yang measa tidak lengkap tanpa Arjuna berusaha untuk mencari keberadaannya.  Sementara Prabu Kresna yang merasa bertanggung jawab atas kesedihan Subadra yang ditinggal pergi Arjuna juga berupaya untuk mencari keberadaan satria Madukara ini.

Pertanyaaannya, siapakah sebenarnya Bambang Partadewa yang telah memikat hati para putra Pandhawa?  Siapakan Prabu Suryanggana yang sedemikian sakti  sehingga berhasil merebut Negara Amarta?

Jawabnya dapat anda ketahui setelah tntas mengikuti Lakon Parta Dewa oleh Ki H Anom Soeroto yang bisa anda download pada link dibawah ini.

  1. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_1
  2. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_2
  3. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_3
  4. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_4
  5. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_5
  6. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_6
  7. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_7
  8. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_8
  9. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_9
  10. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_10
  11. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_11
  12. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_12
  13. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_13
  14. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_14
  15. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_15
  16. Ki H Anom Soeroto – Parta Dewa_16
About these ads

Tentang Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 3 November 2010, in KI H ANOM SOEROTO, Partadewa, WAYANG, WAYANG KULIT. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: