MP3 Tembang Kenangan – Black Brothers

Pada kurang lebih tahun 1975 saya yang tinggal di desa mendengar sebuah lagu dari radio (entah apa judulnya) tapi saya yakin, lagu tersebut dibawakan oleh kelompok musik Black Papas, karena setelah lagu tersebut selesai berkumandang, pembawa acara mengatakan …. “Demikian tadi Black Papas telah berlalu dari pendengaran kita melalui sebuah lagu yang sudah kita kenal semua

Beberapa hari kemudian, disaat ada kesempatan saya ke sebuah kota kabupaten, saya bermaksud membeli kaset yang beberapa hari lalu lagunya saya dengarkan. Hebatnya, ketika saya menyebutkan nama Black Papas, si penjaga toko tersebut tidak mengetahui dan menganggap saya salah sambil memastikan bahwa tidak ada group band dengan nama Black Papas. Dia juga memastikan bahwa yang saya maksud adalah Black Brothers sambil dia menyodorkan sebuah kaset pada saya. Karena malu (dan takut karena cah ndeso), saya beli saja saja kaset itu.

Sesampai dirumah, saya nikmati lagu-lagunya. Ketika itu, saya merasa bahwa lagu-lagu yang dibawakan Black Brothers sangat bagus. Enak didengar dan saya menyukainya hingga saya lupa pada Black Papas. Entahlah apa memang tidak ada band itu sudah tak lagi terfikir oleh saya, sampai beberapa hari yang lalu ketika saya menemukan kaset Black Brothers di pasar klithikan, cerita diatas terbayang lagi.

Group Band ini didirikan oleh Hengky Sumanti Miratoneng (alm) sekaligus sebagai lead vocal, didukung oleh Yohi Patipeiluhu (keyboard), Stevy Mambor (drummer), Amrey Kaha (saxophone), Agus Rumaropen (guitaris), Benny Betay (bassis). Tak banayk informasi yang bisa saya dapatkan dari Band hebat ini kecuali tentang issu keterlibatannya dengan Organisasi Papua Merdeka, meninggalnya Henky pada kurang lebih tahun 2006 dan upaya mengaransemen ulang lagu-lagu Black Brothers oleh kalangan musisi muda papua.

Kabar baiknya, saya berhasil memperbaiki kaset pita Black Brothers yang saya dapatkan di loakan (setelah berjuang siang malam) untuk kemudian saya convert ke format digital dan akan saya upload untuk anda yang hendak bernostalgia dengan band berambut kribo ini. Seperti biasa, saya selalu meminta maaf jika hasil ripping tidak memuaskan. Dan seperti biasa pula saya akan menyalahkan kondisi pita kaset yang memang sudah babak belur sejak awal untuk menutupi keterbatasan saya dalam hal audio editing!

Untuk cerita menganai Black Brothers silahkan anda browsing di internet. Ada banyak artikel, tulisan dan bahkan resensi untuk music-musiknya. Sedangkan bagi yang ingin mendengarkan lagi, suara Black Brothers dalam formt MP3, kami persilahkan download pada link dibawah ini.

1. Apuse
2. Ballada Dua remaja
3. Derita Tiada Akhir
4. Gadis Di Lembah Sunyi
5. Hari Kiamat
6. Hello
7. Hilang
8. Huembello
9. Irian Jaya
10. Kali Kemiri
11. Kenangan Novenmber
12. Keroncong Irian Jaya
13. Lonceng Kematian
14. Melati di Tanah gersang
15. Oh Sonya
16. Persipura
17. Putus Ditengah Kerinduan
18. Saman Doye
19. Terjalin Kembali,

About these ads

About Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 9 September 2011, in MUSIK DAN LAGU, Pop, Tembang Kenangan. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. TERIMA KASIH MAS ATAS LG NYA , KALAU BOLEH LAGU KOES PLUS OKE BOSS KALAU ADA DI UPLOAD YA MAS TRIM BANGET

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: