A Few Good Men

Judul diatas mungkin mengingatkan anda pada sebuah judul film yang dengan cemerlang dibintangi oleh Tom Cruise, Demi Moore dan Jack Nicholson.  Menceritakan perjuangan seorang oditur militer untuk menyeret seorang perwira yang didakwa melakukan pembunuhan terhadap seorang calon prajurit karena dianggapnya terlalu lamban sehingga dimungkinkan akan menyulitkan korpnya.

Saya tak hendak menceritakan film itu, karena saya yakin anda akan lebih fasih melakukannya.  Saya hanya tertarik untuk mengutip judul film tersebut sebagai judul postingan saya kali ini, sebagai metafora tekad salah seorang teman saya yang telah dengan tulus membantu melengkapi materi blog ini.  Singkatnya, ternyata masih banyak orang yang peduli pada kesenian jawa, atau lebih ekstrim lagi pada blog ini.  Bagaimana tidak?

Setelah banyak memberikan bantuan mulai dari saran, pendapat, kritik sampai materi dan bahkan finansial,  menjelang ramadan yang lalu, rekan saya ini menelpon saya dan mengatakan akan mengirimkan kaset magnetik kepada saya untuk saya convert ke digital.  Saya sungguh merasa sangat terhormat dipercaya untuk hal itu.  Kemampuan saya di bidang ripping audio jelas tidak akan sesuai harapannya.  Semantara, dia bisa saja memerintahkan ahli video / audio yang tak jauh dari tempat tinggalnya.

Dua hari lalu ponsel jelek saya member isyarat adanya sebuah pesan singkat.  Dan benar saja, melalui PT Herona dikabarkan bahwa kaset sudah dikirim dan bisa saya ambil esok harinya.  Rasanya duapuluh empat jam terasa sangat lama menjelang kiriman itu datang.  Bukan Indonesia namanya jika tidak terlambat.  Saya harus menelan kekecewaan karena ternyata kiriman itu harus tertunda setidaknya satu hari.  Sejujurnya, ini justru membuat saya semakin penasaran saja.  Baru kemaren sore, 10 september 2011 sembari menjemput anak pulang sekolah saya mampir untuk mengambil kiriman dari abangku tersayang ini.

Astaga! Paket itu ternyata sebuah bungkusan dos besar seberat lebih dari 20 kg.  Dikemas dengan sangat rapi, mencerminkan pribadi pengirimnya.  Jika tidak diinformasikan sebelumnya hampir tidak mengira jika itu kaset pita lakon wayang kulit yang tidak sedikit jumlahnya, 17 judul atau 136 buah.

Inilah kaset-kaset itu

  1. Ki Manteb Soedarsono – Gandamana Sayembara
  2. KI Nartosabdho – Rama Gandrung (Ramayana II, Sinta Cinidra – Subali Gugur)
  3. Ki H Anom Soeroto – Narayana Kridha Brata
  4. Ki H Anom Soeroto – Wahyu Sri Cemani
  5. Ki H Anom Soeroto – Wahyu Kembar
  6. Ki H Anom Soeroto – Semar Maneges
  7. Ki H Anom Soeroto – Kangsa Adu Jago
  8. Ki H Anom Soeroto – Parta Krama
  9. Ki H Anom Soeroto – Wahyu Makutharama
  10. Ki H Anom Soeroto – Kresna Duta
  11. Ki H Anom Soeroto – Suluhan Gatutkaca Gugur
  12. Ki H Anom Soeroto – Jayadrata & Burisrawa Lena
  13. Ki H Anom Soeroto – Ranjapan Abimanyu Gugur
  14. Ki H Anom Soeroto – Dewa Ruci
  15. Ki H Anom Soeroto – Bisma Gugur
  16. Ki H Anom Soeroto – Durna Gugur
  17. Ki H Anom Soeroto – Duryudana Gugur

Selepas makan malam, saya mencoba dan memulai mengkonvert kaset itu.  Saya tidak pernah berfikir kapan saya akan selesai menjadikan kaset-kaset ini menjadi file digital audio berformat mp3 standard, karena dengan rata-rata 1 jam masing-masing kaset saja memakan waktu 136 jam tanpa henti.  Jika sehari saya rekam 5 kaset saja setidaknya dua minggu baru selesai.  Ah, sudahlah!  Saya dengan senang hati saya akan melakukannya.  Sekarang, tiga hari kemudian ketia saya posting tulisan ini, Kangsa Adu Jago, Kresna Duta, Gatutkaca Gugur sudah selesai saya convert.

Inilah yang diawal posting saya sebut sebagai A Few Good Men.  Dari sekian banyak orang-orang baik yang peduli pada kesenian jawa, beliau salah satunya!

Diluar semua itu, pada akhirnya saya nanti akan berbagi dengan anda semua. Salam!

About these ads

Tentang Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 12 September 2011, in A Few Good Men, UMUM. Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. yohanes kresno dirojo

    sangat sangat mengagumkan…
    saya sangat bangga sebagai orang jawa yg menyukai seni,tapi untuk kesenian wayang jawa,saya belum tahu banyak,tapi saya menyukainya apalagi bisa berkarya di dalamnya.Bravo Wayang Jawa

  2. A.Mulyawan,Lare Klaten

    Panjenengan inggih termasuk yang sedikit itu lo….saestu kanthi iklhas wungon kangge nguri uri budoyo adi luhung…Bravo mas.
    Nuwun sewu badhe nderek downloads. Matur nuwun

  3. Keep up the good work.
    Indeed, you are one of
    The Few Good Men.
    Matur Nuwon.

  4. Diluar semua itu, pada akhirnya (nggak tau kapan) saya nanti akan berbagi (sebagian kepalanya saja) dengan anda semua (sedangkan buntutnya silakan cari sendiri). Salam!

  5. terima kasih untuk support dan sanjungannya.

  6. Un-believeable.Incredible.Amazing.I’m bad enough in wayang, remembering too many character make me mad. But, finally realize why my father always turned on the radio till the end of night, there’s “something” priceless, inside the heart, we’re reflect all character in wayang, though one which is influenced, a good one or even bad one.We do like reading than hearing the wayang story, thus the barrier is just finding the way, not the wayang itself. Especially for the owner this web, first, wanna laugh and laugh with the spot, it’s Togog or Mbilung (?). Laugh and then finally love in wayang, the priceless heritage of Javanese culture.

  7. %&**IINNOI*)*(*T^&%&%)_+KP{|++(_*)&$%^&*()_+__)__)

  8. Salam kenal saking kawula asli sragen makarya wonten krawang jabar,
    kados ical rasa ngelak kula amargi sampun kepanggih blog menika,,
    mugi saget ngrembaka blog2 budaya ingkang adi luhung menika,,,

  9. Pak, dalem nuwun agenging panuwun ugi nuwun idi palilah nderek ngunduh posingan2 Paduka..
    Dalem ugi nuwun mugi mbenjang ingkang Ki Manteb – Gandamana Sayembara sageda dipun unggah.. nuwun

  10. inggih, mas… pada saatnya akan saya upload

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: