KI H ANOM SOEROTO – Wahyu Senapati

Sebagai lakon carangan, Wahyu Senapati tak jauh berbeda dengan lakon yang lain, katakanlah Wahyu Topeng Waja. Tokoh sentralnya sama, hanya anagonisnya yang berbeda. Jika Wahyu Topeng Waja menempatkan Prabu Bomanarakasura sebagai antagonis melawan Gatutkaca, dalam lakon ini justru Anatareja yang menjadi penghambat Gatutkaca dalam kedudukannya sebagai Senapati pada Perang Baratayuda kelak. Tetapi apa memang demikian? Pada akhirnya, yang menjadi senapati pada perang Baratayuda adalah Destrajumena, adik Srikandhi.

Saya sangat yakin, bahwa ketika lakon ini dibuat pasti sudah timbul kesadaran bahwa nantinya bukan Gatutkaca yang menjadi senapati di Kuruksetra. Perlu dicatat, yang saya maksud senapati disini adalah pengertian senapati agung yang diangkat sebelum perang dimulai. Bukan ketika kresna menunjuk senapati untuk menghadapi musuh-musuh tertentu. Sebutlah, Abimanyu ditujuk oleh Kresna ketika Jayadrata dan Durna menjadi senapati di fihak Kurawa. Demikain juga Gatutkaca yang dipasang khusus untuk menghadapi Adipati Karna. Akhirnya, lakon carangan ini tidak menitikberatkan pada aspek cerita tetapi lebih pada pesan moral yang ingin disampaikan dalang melalui tokoh-tokah dalam cerita ini.

Kembali kepada lakon Wahyu Senapati. Raden Antareja bersama Satriya Ngrancang Kencana, Raden Irawan tengah menerima kedatangan adiknya yaitu Raden Antasena. Pembicaraan mereka menyangkut rencana Prabu Puntadewa yang bermaksud mengangkat Raden Gatutkaca sebagai Senapati. Antareja merasa tidak puas atas keputusan ini mengingat dirinya merasa lebih berhak pada jabatan itu. Bukan saja karena dirinya lebih tua tetapi juga lebih sakti.

Antasena telah berupaya untuk mengingatkan kakaknya, bahwa keputusan Pendhawa mengangkat Gatutkaca sudah melalui pertimbangan yang matang serta tidak ada maksud membeda-bedakan antara tokoh-tokoh muda yang sama-sama memiliki kans pada jabatan itu. Tetapi Amarah, rasa iri dan kedengkian telah menguasai Antareja sehingga sama sekali tidak mendengarkan saran Antasena.

Keadaan menjadi lebih buruk ketika Sengkuni datang sebagai wakil Duryudana, raja Hastinapura. Bujuk rayu dan hasutan Sengkuni semakin memantapkan tekad Antareja untuk sama sekali membuka front dengan pendhawa. Terlebih setelah Sengkuni menjajnjikan Jabatan Senapati Hastina pada Antaraeja, maka bulatlah tekadnya melawan Pendawa, terutama Gatutkaca. Irawan yang ketika itu mengatahui pembicaraan Sengkuni dan Antareja tidak bias berbuat banyak dan hanya berniat memberikan dukungan atas niat kakak sepupunya itu.

Rekan saya yang tidak mau disebut namanya telah memberikan kepada saya tak kurang dari 40 kaset pita untuk saya convert ke digital, memberikan ijin untuk mengupload lakon ini kepada anda sekalian. Selamat menikmati

1. Wahyu Senapati 01
2. Wahyu Senapati 02
3. Wahyu Senapati 03
4. Wahyu Senapati 04
5. Wahyu Senapati 05
6. Wahyu Senapati 06
7. Wahyu Senapati 07
8. Wahyu Senapati 08
9. Wahyu Senapati 09
10. Wahyu Senapati 10
11. Wahyu Senapati 11
12. Wahyu Senapati 12
13. Wahyu Senapati 13
14. Wahyu Senapati 14

Tentang Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 1 Juni 2012, in KI H ANOM SOEROTO, Wahyu Senapati, WAYANG, WAYANG KULIT. Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. nDherek ngundhuh, file no. 12 sami kalih no. 10, maturnuwun

  2. inggih file engkang 12 sami kaliyan no 10

  3. no.12 berisi no.10.. mohon diupload ulang

  4. file 12 koq sami kalih 10, mtr nwn

  5. I like it

  6. kula dereng saget manggihi ENDING wahyu topeng waja nyuwun para sutresna supaya saget maringi file

  7. agar tahu endingnya silahkan didownload filenya terus disimak jalan ceritanya sampai selesai. beres

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: