Kethoprak Seri Sudira – MAEKA SUDIRA

Kembali, ponakanku Dian Pratama menyambangi saya kemaren pagi selepas subuh. Lewat Suratnya dia katakan telah mengupload sekuel ke III dari 16 seri yang dijanjikannya. Seakan tahu, bagaimana keinginan pakdhenya yang sudah kehabisan kata membuat sinopsis,
dilengkapinya file tersebut dengan ringkasan cerita Kethoprak yang dibawakan dengan nyaris sempurna oleh Keluarga Kethoprak Mataram Kodam VII Diponegoro pimpinan Bagong Kussudihardjo.

Selamat bernostalgia, kembali ke 30 tahun lalu ketika Kethoprak masih berjaya.

MAEKA SUDIRA
OLEH Dian Permana

Pada akhir cerita Manggalayuda Sudira ada dua keputusan penting dari prabu Lesanpura. Berdasarkan undian, Tiyasaguna mendapat tugas menakhlukan kadipaten Handakaraya, sedang Manggalayudo Sudira bertugas menakhlukan kadipaten Mintajiwa.

Karena merasa kurang mampu melaksanakan tugas tersebut, Tiyasaguna berbalik haluan memerintahkan para prajuritmenyerang Tanjung Anom, serangan berhasil dan pangeran dipatianom Lesancaka dipenjara.

Manggalayuda Sudira setelah menakhlukan kadipaten Mintajiwa ingat pesan resi Jimbun Anom untuk membaca surat yang dibawanya. Mengetahui isi surat tersebut, bersama prajuritnya, Sudira merebut kraton Tanjung Anom dari tangan Tiyosaguna.

Akhirnya Tiyosaguna beserta keluarganya mendapat hukuman mati. Hanya Tiyaningsih putri Tiyasaguna yang menjadi isteri pangeran Linggaharda bebas dari hukuman. Atas permintaan Tiyaningsih pangeran Lingga harda melakukan fitnah terhadap Sudira sewaktu Sudira telah dapat memboyong keluarganya dari desa.

Dalam usaha memboyong keluarga sudira kena fitnah Naga Ijo sehingga anaknya bernama Sutrisna mati karena panahnya Sudira sendiri. Dan bagaimana ujud fitnah Linngaharda terhadap Sudira, silahkan anda menikmati cerita ini.

Link Download MAeka Sudira
1. Maeka Sudira 1
2. Maeka Sudira 2

 

 

 

About these ads

Tentang Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Posted on 10 Juni 2012, in KETHOPRAK, KETHOPRAK MATARAM, Maeka Sudira, SERI SUDIRA. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. alhamdulillah…dg dinggahnya cerita manggoloyudo sudiro dan maeko sudiro, maka urutan cerita seri sudiro dari awalnya mulai terlacak…hanya masih belum nyambung (ada satu cerita saat sudiro menolong prabu lesan puro) dan cerita maeko sudiro kelihatannya belum tuntas (ada satu seri lagi). Salam kagem p Guntur, mugi-2 blog meniko sangsoyo regeng nuwun…

  2. Laporan mas Guntur…pagi tadi 14 Juli 2012 jam 8.30 waktu Kasongan, saya kok dapat tlp. dari mas Edi dr Tanggerang…yang menanyakan apakah saya jual cd ketoprak lakon Manggala Yuda Sudira?. Saya jawab .”.Lho saya bukan toko kaset mas “..coba kalau masalah cerita ketoprak hubungi saja mas Guntur Sragen. Yang saya heran katanya beliau tau no hp saya dari sebuah web site…….blaik berarti nama no hp saya dicatut….

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: