Seri Majapahit

Pada Tahun 1215 Raja John dari Inggris menandatangani Magna Charta, sebuah piagam yang di buat oleh parlemen yang berisi batasan kewenangan bagi raja.  Pada waktu itu, kendati disebagian besar belahan dunia, kekuasaan raja hampir tanpa batas tetapi di raja John rela kewenangannya di  control  oleh parlemen.

Tanpa bermaksud memparalelkan keadaan Indonesia, pada saat yang sama di belahan bumi timur,di tanah Jawa  tepatnya di sekitar  daerah yang sekarang dikenal sebagai Kota Mojokerto, terjadi perebutan kekuasaan di Kerajaan Tumapel dari Akuwu Tunggul Ametung oleh Ken Arok. Sebagaimana kita tahu, suksesi kepemimpinan itu tidak berjalan dengan mulus.  Ken Arok merebut kekuasaan dari Tunggul Ametung dengan cara bar-bar yang jauh dari pripnsip-prinsip demokrasi.  Dia menikam Tunggul Ametung dari belakang, tidak dengan perang tanding secara ksatria.  Tak hanya itu, Keris yang dipakai oleh Ken Arok untuk membunuh Tunggul Ametungpun dibuat dengan proses yang menggambarkan betapa dia nggege mangsa untuk segera mengusasi Tumapel dan menggantikan posisi Tunggul Ametung.  Ken Arok berhasil menduduki tahta Tumapel dan mendirikan Kerajaan Singasari.

Situasi politik Singasari pasca Tunggul Ametung jauh semakin tidak menentu.  Konspirasi politik tingkat tingggi antar elit pada akhirnya meruntuhkan Singasari dan berdirilah kerajaan besar, Majapahit.  Dari sinilah babak baru dimulai.

Kendati secara kasat mata Kerajaan Majapahit mampu berdiri sejajar dengan negara-negara besar yang lain didunia, akan tetapi karena kekuasaan raja nyaris tak terkontrol maka kondisi internal elit politik dan para nayaka sungguh rapuh.  Kemampuan ekspansi Majapahit keluar wilayah tak dilengkapi dengan sistem pemerintahan dan perundangan yang memadai.  Kekuasaan raja yang sedemikian besar tidak dilandasi dengan konstitusi yang cukup.  Akibatnya, keputusan raja sering tak mendapatkan respon yang memadai dari para elitnya.  Parlemen sebagai representasi suara rakyat tak terdengan gaungnya (bahkan tidak ada).  Akhirnya, pemberontakan demi pemberontakan mewarnai sejarah panjang Majapahit.

Dari sinilah seharusnya Ketoprak Seri Majapahit ini berawal.   Sayangnya saya hanya menemukan 3 kaset  dari berpuluh kaset yang seharusnya. (jane pinten seri ta Mas Bondan?).  Taka apa.  Untuk sekadar bernostalgia, tiga judul ini sementara cukuplah.  Lakon hebat ini dimainkan dengan Cemerlang oleh Keluarga Ketoprak Mataram Kodam IV Diponegoro dibawah sutradara muda (ketika itu) Bondan Nusantara.

Di bawah tangan dingin Bondan, cerita ini berhasil hidup meski minimalis.  Artinya, mengulangi kesuksesan Mahesa Jenar, tiap episode selesai dalam satu kaset.  Karakter pemain terasa sangat kuat dengan plot yang jelas didasari penguasaan dialog yang luar biasa.  Berbeda dengan Ketoprak Konvensional yang pada umumnya mengandalkan improvisasi, dialog pemain dalam lakon ini jelas mengandalkan naskah (seperti kebiasaan Bondan Nusantara) sehingga dialog dan running playnya terasa runtut dan berbobot.  Tak ada satu kalimatpun yang tidak berguna.  Semua kata yang keluar dari mulut pemain tak boleh dilewatkan.

Saya bisa memastikan bahwa para sutrena ketoprak akan kecewa, karena tidak bisa secara lengkap dan runtut mendengarkan cerita ini, karena hanya 3 judul yang bisa saya ketemukan dan saya upload disini.  Akan tetapi sebagai pengobat rindu rasanya, cukuplah.

  1. SERI MAJAPAHIT, Geger Wilwatikta
  2. SERI MAJAPAHIT, Patih Nambi Gugur
  3. SERI MAJAPAHIT, Sumpah Palapa
  4. SERI MAJAPAHIT, Bekel Dipa Winisudha
  1. saya sangat senang terhadap ketoprak dan ini perlu untuk dikembangkan sehingga ketoprak tetap lestari syukur-syukur ada yang mengangkat sebagai bahan penelitian sehingga keistimewaan ketoprak dan fungsi terhadap masyarakat dapat diungkapkan agar semua orang tertarik terhadap kesenian tradisional dan terutama pelestarian tradisi lisan di masyarakat Yogyakarta khususnya jawa Tengah serta Indonesia pada umumnya.

  2. Matur Nuwun, mas wandi atas apresiasina. Semoga harapan panjenengan ada yang memberikan respon. Atau barangkali panjenengan berkenan menyumbangkan tulisan / artikel tentang ketoprak??? mangga silahkan

  3. Saya sangat senang adanya ketoprak mataram, dan ini perlu dikembangkan untuk generasi muda suapaya tetap lestari jens kesenin ketoprak mataram apa lagi yg, dan bagaimana cara untuk mendapat kaset ketoprak mataram yang dimaikan oleh RRI Yogyakarta Nusantara di era tahun 1974 sd.1980 yg dipimpin oleh Bpk Sumarjono yg pemainnya seperti Glending; Rudjiman, Suripto; Surono CS

  4. Nuwun sewu Pak De.!!!!!!!!!!!!!!!
    Punopo urutan SERI puniko inggih mawujudaken carios ingkang saestu ????
    Kulo kok radi bingung menawi mirengaken alur ipun.
    Ning jan-jane pripun toh urutan seri leresipun ???????
    Supados saget dipun pahami alur cerita nipun.
    nuwun

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: