Seri Manggalayuda Sudira

Salah satu cerita ketoprak yang cukup fenomenal dan banyak mendapatkan perhatian masyarakat pada jaman jayanya adalah SERI SUDIRO, rakyat jelata yang berhasil meniti karier hingga puncak tertinggi sebagai panglima perang (Manggalayuda) di Kraton Tanjung Anom.

Berbeda dengan cerita ketoprak pada umumnya, Seri Sudiro bukan cerita dengan latar belakang sejarah yang jelas.  Cerita ini lebih mendekati cerita carangan / karangan tetapi mengingat tokoh dan settingnya kental sekali dengan aroma jawa, maka cerita ini cepat melekat dihati masyarakat. (sebagian sumber menyebutkan bahwa cerita ini diadaptasi dari Cerita Silat Jenderal Sie Djien Kwi)

Tidak banyak refernsi yang bisa didapatkan dari cerita ini sehingga sulit sekali untuk mendapatkan gambaran tentang urutan cerita tersebut.

Kisah panjang ini dimulai dengan seorang petani yang memiliki seorang anak yang menderita cacat bisu (tuna wicara) bernama Sudiro.  Demikian miskin dan sengsaranya petani ini hingga tak mampu memenuhi kebutuhannya, termasuk memelihara anak tunggalnya yang bisu itu.

Pada suatu hari, saat diajak ayahnya bekerja dipinggir hutan Sudiro bertemu dengan seekor Harimau.  Karena takut, maka dia berteiak sekuat tenaga dan sejak itulah Sudiro bisa berbica.  Cerita berkembang dengan pengembaraan Sudiro dirumah juragan Hardono sebagai kuli, Menikah dengan Lestari, mendaftarkan menjadi prajurit Tanjung Anom, diangkat menjadi Manggalayuda, mempunyai anak Sutrisno dan seterusnya yang terangkai dengan manis dan alur yang runtut dilengkapi dengan nuansa percintaan yang romantis serta dibumbui intrik-intrik politik serta fitnah-fitnah yang tentu saja menambah hidup cerita tersebut.  Lebih dari itu, tokoh-tokoh yang muncul diantara tokoh sentralpun sangat realistis dengan dukungan pemain-pemain yang luar bisas hebat menjadikannya layak jika cerita ini sedemikian melegenda dihati masyarakat.

Saya berusaha untuk mengumpulkan kembali seri-seri Sudiro yang barangkali masih bisa diketemukan sambil tetap berharap anda sekalian berkenan melengkapi. Dari Beberapa judul yang sempat terdeteksi dari rangkaian cerita Sudiro ada beberapa yang berhasil diketemukan dan kami persembahkan untuk anda penggemar ketoprak, adalah sebagai berikut.

Urutan Seri Sudiro:

1. Sudira Papa
2. Manggalayudo Sudira
3. Maeka Sudira
4. Sudira Kadakwa
5. Sudira Kapidara
6. Sudira Bangkit
7. Sutrisna Waryanti
8. Gogok Wasiat
9. Waryanti Mutung
10.Klinthing Wasiat
11.Sudira Gugur
12.Sutrisna Sapu
13.Yowandana Lena
14.Sapartibraja Lena
15.Lesancaka Gugur (Budiati Putri Iblis)
16.Sutrisna Tumpes Kelor

  1. Kelik Nepen, Teras

    Mas… Menawi kepareng kulo nyuwun pasword kangge download kethoprak seri Sudira… tur suwun Mas…

  2. Seri sudira memang belum semuanya lengkap. Untuk yang sudah lengkap, sudah saya link… Sedang yang belum akan saya usahakan kelengkapannya dulu. Nuwun

  3. Kelik Nepen, Teras

    Nggih kulo tenggo Mas.. Tur suwun…

  4. Inggih, mas…… Ananging menawi panjenengan kersa beberpa file tetapi belum lengkap, bisa saya sampaikan download linknya

  5. mas, saya seneng dengan wordpress ini, ono ora ketoprak sing horor… yen ora salah berlatar belakang museum…
    jaman cilikanku ono tapi judule lupa…
    hadihin kitabadi..

  6. MBAK GALUH,NYUWUN LILAHIPUN,KULO BADHE D/LOAD SUTRISNA SAPU,NYUWUN PASWORD-IPUN. MATUR SUWUN.

  7. MBA GALUH DALEM AJENG D/LOAD SERI SUDIRO MANGGOLOYUDA YNUWUN LILANE PENGGALEH NJENENGAN MARINGI PASWORD DUMATENG DALEM.MATOR NUWON SANGET

  8. Tidak ake pssword kok mas…. Mangga. Silahkan

  9. Tidak dipasword kok mas. Tapi memang baru 2 lakon yang bisa saya upload

  10. praptono pambuko

    mas…..mau tanya File Sudrio Prana, ko ga bisa donwload/dibuka, nyuwun pengarahan panjenengan, matur suwun……

  11. Mbak Galuh… nyuwun Pangapunten amargi, kulo sampun dlod sudiro Prono. Cerita Ini mengingatkan ketika masih kecil dikampung Ngawi, tapi waktu itu belum paham betul alur ceritanya karena hanya mendengar lewat radio sepoton-potong. Mbok bilih kepareng kulo nyuwun saged dunlot sudiro Bangkit.

    matur suwun sajk derengipun

  12. inggih mas… jika sudah ada meterinya pasti akan saya upload

  13. nuwun mas, ini passwordnya apa ya ?

    Coba mas buka link download diatas tanpa log-in 4shared mas pasti diminta password.
    mohon dishare passwordnya.

    nuwun sangat,
    Kadi

  14. Mas, untuk seri manggolo yudho sudiro, hanya seri Sudira Papa yang bisa di download, yang lainnya tidak bisa dan selalu meminta password.

  15. Semeentara baru itu file yang saya dapatkan. Jika sudah ada kelengkapannya pasti diunggah

  16. Kula ngantos-antos kapan serial senesipun saged dipununggah. Kangge ngemutaken jaman cilikan kula wonten Sukoharja. Matur Nuwun.

  17. Yen mboten kawratan enggal di upload serial Sudiro sanesipun,sampun kangen sanget,suwun.

  18. Nyuwun kalodhanganipun kangge upload cariyos Manggala Yuda Sudiro Bangkit, kapidara, Yowandana lena, lan cariyos Sudiro sanesipun. Matur nuwun saderengpun.

  19. Mohon cerita Sudira Bangkit & Yuwandana Lena, Sudira gugur bisa segera diunggah. Terima kasih sekali sebelumnya. Jika belum bisa unggah file, mohon sinopsis ceritanya sejak Sudiro diangkat jadi Manggala Yuda hingga gugur. terima kasih sebelumnya.

  20. Lakon Sudiro bangkit, Sudiro Kapidara, Yomandana Lena, Sudiro Gugur putus link-nya atau memanag belum diunggah ya Mbak? Mohon kawelasan untuk mengunggahnya. Matur nuwun.

  21. SALUT KAGEM MAS. KULO NUNGGU2 SERIAL SUDIRO. SAWEG SAK MENIKO KULO NEMOKE LINK-E. CRITO NIKI NGINGETAKEN KULO RIKOLO SD. SOALE SAK DURUNGE MANGKAT SEKOLAH NGRUNGOAKE KETHOPRAK SIK. KULO TUNGGU CRITO SANESIPUN MAS. UPAMINIPUN DAMAR WULAN….. MATUR NUWUN MAS.

  22. dhe_har@yamail.com

    Saya penggemar berat kothoprak mataram khususnya manggolo yudho sudiro
    dan suara emas marsidah bsc dalam lakon ketoprak Wariyanti
    tapi sulit sekali menumukan suara itu kembali tolongt dong bantuin

    hariyanto
    juwana

  23. dhe_har@yamail.com

    Saya akan sangat berterimakasih sekali apabila ada rekan yang mau menampilkan di youtube suara emas marsidah bsc dan suara cakep widayat dalam ketoprak manggolo yudo sudiro

  24. Andai saja…ada rekan-rekan yang bisa menampikan seri kothoprak manggolo yudho sudiro
    yang bisa bisa dinikmati dengan mudah lewat youtube alangkah senangnya ya….muantap deh
    Saya masih terngiang-ngiang suara widayat ( manggolo yudho sutrisno )…
    yho..iyo..di ajeng wariyanti adinipun kakang yayi…wong ayyu…pangestu niro tampanono..yayi..
    terus wariyanti menjawab..Inji..h kang mas ………..dst..hem…menggemaskan….!

  25. disini ada beberapa sekuel sudirosilahkan download. JIka anda punya materi yang lain, mohon bisa disharing!

  26. mangga,,,, silahkan jika ada rekan yang punya materi, bisa melengkapi

  27. mas saya mohon untuk bisa download seri sudiro terutama sudiro bangkit. Terima kasih atas bantuannya.

  28. Matur suwun kok tasih wonten, cerito Kethoprak Asli sanes Kethoprak Humor, hinggo ngemut aken “Jaman Semana ” Nalikane 20 Tahun kepengker kulo tasik dumunung ten Tanah Jawi Wetan “Nganjuk” Kinten2 kapan nggih dilengkapi carios Sudiro engkang lengkap. Mergi Pas banget cerito nipun mulai kalangan bawah ngantos puncak karier ipun sudiro sak kulowargane. Kulo tunggu sanget…………………

  29. Sudira akan kami lengkapi sedikit demi sedikit karena saya juga baru berusaha mengumpulkan materi

  30. masalahnya seri-seri yang lain sudah bisa sy download tp seri sudiro bangkit blm bisa sy download…..matur nuwun mas….

  31. Kalau yang dimaksud serial Sudiro Prono dalam bentuk pita audio, aku punya 14 seri dari 15 seri.

  32. Mas Dian Pratama, Yth
    Apabila anda memperkenankan, mohon saya dipinjamkan kaset pita tersebut untuk saya convert ke digital. Setelah itu, kaset akan kami kembalikan kepada anda disertai hasil convert dan faile lain yang anda kehendaki, selama kami memiliki akan kami berikan. Terima kasih

  33. boleh,,,,,,

  34. Terima kasih sebelumnya, mas. Mohon berkenan telp / sms ke 085229936234 untuk saya lanjutkan matur secara lebih rinci. Nuwun

  35. mas menawi onten kulo nyuwun sudiro seri no 4 dugi no 7 tur nuwun

  36. matur suwun mbah , “nyuwun pangapunten menawi taksih wonten sanesipun sumonggo di upload malih, kulo dados kemutan dhuk naliko samono saestu.

  37. masih ada… diunggah bertahap, bos

  38. menawi wonten kawulo kepingin babat mataram / seri Panembahan Senopati bos..!!

  39. Sedaya ingkang kasumadyaaken ing Gudhanging Seni Budoyo punika kula remen, awit ngemuti lampahing sejarah para leluhur kula panjenengan sedaya, wajib dipun leluri. Pramila kedah dipun rukti lan ruwat murih mbeten luntur, langkung-langkung ical. Mangga…! Kula panjenengan sedaya wajib hangrungkebi kanthi guyub rukun, nyawiji ing raos.Katur ingkang tinanggenah nyawisaken isining carios-carios Kethoprak,Ringgit lan sanes-sanesipun, kula ngaturaken gunging panuwun awit kalihuran panjenengan sinartan pangajab, sampun cidha-cidha enggenipun lelados dhumateng para kadang pendhemen Budoyo Jawi. Matur nuwun.

  40. bade derek ngunduh file meniko matur suwun

  41. Rumiyin koleksi bapak kulo komplit, awujud kaset. Nanging sampun sami rusak.
    Kulo sanget remen wonten ingkang sharing Lampahan Seri Sudiro. Tukija

Dhawuh Panjenengan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: